Naif Al’as | What Did I Write?

Pemikiran Amatir Seorang Naif

Hardisk Kini Mencapai 500 GB

with 5 comments

Harddisk terbaru dari Hitachi, Deskstar 7K500, menandai beberapa pencapaian penting dalam industri media penyimpanan. Desktar 7K500 menjadi harddisk pertama yang berkapasitas 500GB dan salah satu yang pertama kali menggunakan interface SATA II berkecepatan tinggi. Namun dalam hal teknologi penyimpanan data, Deskstar mungkin termasuk yang masih menggunakan teknologi lama.

Deskstar 500GB akan tersedia dalam dua versi: versi 500 dollar AS (antarmuka ATA, buffer 8MB) dan 520 dollar AS (antarmuka ATA berkecepatan 3GBps, buffer 16MB). Hitachi akan mulai memasarkan kedua model tersebut pada kuartal ke dua tahun ini. Harddisk itu dapat menyimpan sampai 56 jam siaran HDTV, tergantung kompresi yang digunakan, demikian klaim Hitachi.

Deskstar masih menggunakan teknologi perekaman longitudinal, yang menuliskan data dalam lingkaran konsentris, menggunakan partikel-partikel yang dimagnetisasi secara horisontal pada permukaan piringan (disk). Dengan teknologi ini pembuat harddisk dapat menuliskan sampai dengan 250GB data per piringan (saat ini baru mencapai 100-133GB per piringan). Diperkirakan pada akhir 2006 harddisk dengan kapasitas 1 Terrabyte dapat dibuat. Sementara penambahan kapasitas yang lebih besar rasanya tidak memungkinkan lagi karena masalah kestabilan data.

Untuk mengatasi masalah tersebut, industri penyimpanan mulai bersiap untuk beralih ke teknologi perekaman perpendicular, yang melakukan magnetisasi terhadap partikel-partikel pada permukaan piringan secara vertikal. Harddisk yang menggunakan teknologi ini diperkirakan baru akan tersedia untuk desktop sekitar tahun 2007, ramal John Buttress, peneliti harddisk IDC.

Sementara Toshiba akan mulai memproduksi secara massal harddisk yang menggunakan teknologi perpendicular pada akhir tahun ini. Namun harddisk Toshiba ini tidak akan diperuntukkan bagi PC desktop. Toshiba menggunakan teknologi tersebut untuk membuat harddisk 1,8 inci pada perangkat seukuran iPod. Perusahaan asal Jepang ini juga berencana untuk membuat 2 jenis harddisk lagi yang menggunakan teknologi perpendicular: model 40GB yang tebalnya hanya 5mm dan model 80GB.

Tuntutan akan kapasitas yang lebih besar terus berlanjut dengan meningkatnya kebutuhan untuk melakukan penyimpanan file audio video dalam PC atau berbagai perangkat elektronik lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, industri media penyimpanan mulai beralih ke berbagai teknologi baru. (A.Y.Sujono/PCWorld)

Written by Naif Al'as

Friday, 1 April 2005 at 14:40

Posted in Review

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Sorry😦

    Leonidas

    Saturday, 1 September 2007 at 18:09

  2. ass aku minta tolong dong?
    aku ga punya gambar hardisk 2 baru ?
    aku lagi ada tugas ni…
    nama situs tentang itu pa ya

    mulya

    Thursday, 8 November 2007 at 13:34

  3. makash ya atas bantuanya.untuk lebih tau …bukanya di situs apa ya?
    aku pengen yang ada gambarnya juga?
    senin di kumpul ni????

    mulya

    Thursday, 15 November 2007 at 15:36

  4. Sangat keren. Terima kasih banyak atas infonya. Oh ya nama saya tayo sandono dan sangat tertarik dengan ilmu hardware ini. Bisa rekomendasikan sebuah link?

    tayo sandono

    Wednesday, 14 May 2008 at 10:56

  5. tolong dong minta info keunggulan dan kelamahan hardisk terbaru,hr snin tgs ini mau dikumpul. . .

    rasty

    Thursday, 31 December 2009 at 22:37


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: