Naif Al’as | What Did I Write?

Pemikiran Amatir Seorang Naif

Sejarah Kata Narsis (Narcissus, Si Dewa Ganteng)

with 7 comments

Kata narsis sebenarnya diambil dari mitologi Yunani tentang seorang cowok bernama Narcissus. Dikisahkan ada seorang cowok sangat ganteng bernama Narcissus. Dia adalah anak dari dewa sungai Cephissus dan peri Liriope. Ya ngga heran ya, gabungan antara dewa dan peri hasilnya pasti ganteng banget.
Karena ganteng, jelas banyak banget cewek-cewek jatuh cinta kepada Narcissus. Sayang, ngga ada satu pun yang menarik perhatiannya. Salah satu cewek yang jatuh cinta kepada Narcissus adalah Echo. Cewek ini benar-benar jatuh cinta hingga dia rela mengejar Narcissus sampai ke gunung dan terus menguntit kemana pun Narcissus pergi. Lama-lama cowok ini sadar juga dia punya pengikut. Ketika Echo bilang kalau dia suka kepadanya, Narcissus menolaknya.
Echo sedih banget. Cewek ini segera sembunyi di tengah hutan yang sepi. Tubuh Echo makin lama makin menghilang hingga yang terdengar cuma suaranya.
Melihat kesedihan Echo, dewi Nemesis berniat memberikan pelajaran buat Narcissus. Dia menghukum Narcissus agar dia jatuh cinta kepada dirinya sendiri. Kejadian deh…suatu hari Narcissus sedang berjalan dan tanpa sengaja dia melihat ke sungai Styx. Narcissus kaget banget melihat ada wajah seseorang yang begitu ganteng. Sekali melihat, Narcissus langsung jatuh cinta. Dia tidak beranjak sedikit pun. Cowok ini terus saja menatapi wajahnya sendiri sampai dia mencoba mencium bayangannya sendiri. Ia lalu kecebur sungai dan meninggal. Dewa-dewa lain menemukan mayatnya dan mengubahnya menjadi bunga yang di sebut bunga Narcissus.

Begitulah asal-usul dari kata Narsis. Sejarahnya gile juga yaaa😛.

Written by Naif Al'as

Friday, 1 April 2005 at 13:13

Posted in Sehari-hari

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. gw jg narsis la.. tp ga brarti gw mencintai diri ndiri sampe sgitunya yah hehe..

    Anonymous

    Tuesday, 17 October 2006 at 00:19

  2. aq jga narsis lhow!!! cman aq g’ nygka aj klo sjrahnya gokil bgt…. ‘n sepele kyk gtu….

    qhiy

    Sunday, 12 August 2007 at 12:54

  3. Wakakakakaka!!! Bang naip jaman jadul suka pakek teks warna warni:mrgreen:

    Black_Claw

    Wednesday, 14 January 2009 at 03:28

  4. Sejarah kelam blek ;))
    Saat belajar ngeblog. Bahkan itu artikel gue copas mentah2 tanpa gue sertai sumbernya, yang mana gue juga udah lupa darimana :))

    Naif Al'as

    Wednesday, 14 January 2009 at 03:30

  5. makasih udah menambah wawasan

    bautinja

    Tuesday, 30 August 2011 at 12:44

  6. dia tetap dia. denda tetap denda😀

    Dendaomnivora

    Wednesday, 22 August 2012 at 19:31

  7. mungkin hanya tau arti, tapi tak pernah tau asal usul kata tersebut

    Gatot kisbiantoro

    Wednesday, 18 February 2015 at 14:53


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: