Naif Al’as | What Did I Write?

Pemikiran Amatir Seorang Naif

Telkom & Problem Kirim Fax Internasional (Timur Tengah) Via 007

with one comment

Sore ini Telkom benar-benar membuat saya sangat jengkel. Disaat ada kepentingan yang begitu mendesak untuk mengirim fax ke Saudi Arabia, ternyata tidak bisa. Asumsi pertama saya adalah nomor Sambungan Langsung Internasional (SLI) kantor saya di blok sepihak oleh Telkom. Lalu asumsi lainnya adalah mesin fax di kantor saya mengalami kerusakan.

Tapi ternyata kedua asumsi saya tersebut salah. Setelah mencoba lebih dari 20x untuk mengirim fax ke 3 nomor (semuanya nomor Saudi Arabia), akhirnya ada 1 yang berhasil (namun saya masih meragukan fax ini bisa masuk). Akhirnya saya yang udah bertambah jengkel menelpon ke 147 untuk menanyakan masalah ini. Customer Service Operator (CSO) 147 (katanya hanya untuk layanan domestik) menyarankan saya untuk menelpon ke 107, yang mana 107 tersebut adalah CSO untuk layanan SLI. Lalu saya coba telpon ke 107 dan menanyakan kenapa saya tidak bisa kirim fax via 007 (internasional). Jawaban yang saya terima adalah, sedang ada gangguan di sentral SLI nya telkom untuk bagian Timur Tengah sejak pukul 16:00 WIB. Namun sampai saya menelpon ke CSO tersebut, masalah gangguan itu belum bisa teratasi. Saya coba bertanya sampai kapan gangguan tersebut. Jawabannya adalah relatif, bisa 1 jam atau lebih, namun tidak sampai 1 hari.

CSO tersebut juga menyarankan, kalau memang betul-betul urgent mau kirim fax sekarang juga, coba pakai operator lain via 104. Alhasil saya ikuti saran CSO tersebut, namun apa lacur, ternyata susah sekali menelpon 104 itu. Mungkin banyak yang mau mengirim fax ke Timur Tengah seperti saya yang coba memakai jasa layanan via 104.

Hal ini benar-benar membuat saya tambah jengkel. Saya coba pikir-pikir, pasti yang kena masalah bukan hanya saya. Bisa ratusan perusahaan atau mungkin ribuan. Bisa juga dari pihak individual. Ini merupakan suatu kerugian untuk para pelanggan Telkom yang memang benar-benar penting membutuhkan layanan fax untuk ke Timur Tengah pada saat sekarang ini.

Kira-kira untuk operator PSTN seperti Telkom ini bisa diadukan ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) juga atau tidak yah?

Written by Naif Al'as

Thursday, 28 June 2007 at 18:16

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. keliatanna utk SLI udah balik deh bang😀

    rivai

    Friday, 29 June 2007 at 15:59


Leave a Reply

